FAQ

faq
FAQ Olivia 2021-04-09 08:52:18

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

1. Apa itu Balai Veteriner Medan?

Balai Veteriner Medan merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada dibawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan wilayah kerja Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.


2. Apa tugas pokok Balai Veteriner Medan?


Tugas pokok Balai Veteriner Medan yaitu melaksanakan pengamatan dan pengidentifikasian diagnosa, pengujian veteriner dan produk hewan.


3. Dimana lokasi dan kapan jam pelayanan Balai Veteriner Medan?


Balai Veteriner Medan berlokasi di Jl. Gatot Subroto no. 255A Medan, Sumatera Utara dan memiliki jam layanan laboratorium Senin-Kamis (07.30 WIB -16.00 WIB) dan Jumat (07.30 WIB -16.30 WIB).


4. Apa saja layanan di Balai Veteriner Medan?


Balai Veteriner Medan dalam tugasnya melaksanakan pengamatan dan pengidentifikasian diagnosa, secara aktif melakukan surveilans penyakit hewan dan produk hewan. Selain itu, Balai Veteriner Medan juga melaksanakan penyidikan penyakit hewan dan produk hewan melalui pemeriksaan dan pengujian laboratorium yang terdiri dari 7 layanan laboratorium yaitu Laboratorium Parasitologi, Laboratorium Bakteriologi, Laboratorium Virologi, Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Biokimia, Laboratorium Patologi, dan Laboratorium Kesmavet.


5. Sampel apa saja yang dapat diuji di Balai Veteriner Medan?


Balai Veteriner Medan melakukan pengujian terhadap sampel hewan (organ, serum, darah, ulas darah, feses), swab lingkungan, dan produk hewan (daging, susu, telur, dan olahannya). Detail sampel dan jumlah yang memenuhi untuk dilakukan pengujian dapat dilihat pada laman berikut.

6. Bagaimana mekanisme administrasi sebelum melakukan pengujian?


Pengguna jasa datang secara langsung ke Balai Veteriner Medan dan mengisi formulir yang disediakan sesuai dengan jenis sampel yang akan diuji. Setelah itu, pengguna jasa akan diberikan formulir tanda terima sampel (Form E.1) yang berisi nomor epidemiologi sebagai bukti permohonan pengujian. Sertifikat hasil uji dapat diambil dengan membawa tanda terima sampel tersebut (Form E.1)


7. Apakah Balai Veteriner Medan menerima pengiriman sampel tanpa harus datang secara langsung?


Balai Veteriner Medan menerima pengujian sampel yang dikirim dengan menyertakan surat pengantar spesimen atau surat permintaan pengujian yang berisi data yang lengkap. Pengguna jasa diharapkan melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan petugas Balai Veteriner Medan sebelum mengirim sampel di nomor telepon (061) 8452253.


8. Bagaimana tata cara transportasi sampel yang benar?


Untuk menghindari kerusakan selama transportasi, sampel harus segera dibawa dengan perlakuan yang tepat agar tidak merubah kondisi sampel sehingga sesuai untuk dilakukan pengujian. Detail perlakuan sampel yang benar untuk pengujian dapat dilihat pada laman berikut.


9. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam setiap pengujian sampai mendapatkan hasil?


Lama waktu pengujian berbeda-beda tergantung prosedur dan parameter pengujian yang dilakukan. Detail waktu pengujian dapat dilihat pada laman berikut.


10. Berapa tarif pengujian yang ditentukan Balai Veteriner Medan dalam setiap uji yang dilakukan?


Besaran tarif pengujian di Balai Veteriner Medan berbeda untuk setiap pengujian dan sesuai dengan ketentuan pada PP No. 35 tahun 2016. Detail tarif pengujian secara lengkap dapat dilihat pada laman berikut

 

11. Bagaimana mekanisme pembayaran jasa layanan di Balai Veteriner Medan?


Pembayaran tarif jasa layanan di Balai Veteriner Medan dilakukan secara non tunai/elektronik menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) atau transfer melalui teller, mesin ATM (Automatic Teller Machine) atau melalui mobile/internet banking. Seluruh biaya yang dibayarkan tersebut secara otomatis masuk ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Balai Veteriner Medan tidak memungut biaya diluar biaya yang sudah ditentukan.


12. Bagaimana mekanisme pengambilan hasil pengujian oleh pengguna jasa?


Sertifikat hasil uji dapat diperoleh setelah melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan saat pengambilan sertifikat hasil uji dengan cara meminta kode billing dari bendahara penerimaan / petugas PNBP. Pengambilan hasil pengujian dapat diambil secara langsung ke kantor Balai Veteriner Medan maupun dikirim secara elektronik melalui email. Selain itu, sertifikat hasil uji juga dapat dikirimkan melalui jasa pengiriman (Kantor Pos) sesuai kesepakatan pengguna jasa dan petugas pelayanan.


13. Bagaimana mekanisme pengaduan pengguna jasa mengenai pelayanan di Balai Veteriner Medan?


Aduan layanan dapat dilakukan melalui
• Telepon – (061) 8452253
• Email – bvetmedan@pertanian.go.id dan bvetmedan@gmail.com
• Datang langsung ke kantor Balai Veteriner Medan dengan mengisi formulir pengaduan


14. Apakah Balai Veteriner Medan menerima kegiatan magang atau penelitian?


Balai Veteriner Medan menerima kegiatan magang atau penelitian dari instansi atau institusi sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk prosedur pengajuan kegiatan, pemohon dapat mengirimkan surat permohonan resmi dari instansi atau institusi yang ditujukan ke Kepala Balai Veteriner Medan.

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Berita 2021-02-04 11:07:06

Telah berpulang ke Rahmatullah Endang Susanti Prihatiningsih, Staf Lab. Bakteriologi BVet Medan pada hari ini Kamis 04 Februari 2021. Semoga Almarhumah Husnul…

Halaman Dedi 2019-10-17 13:32:45

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Balai Veteriner Medan

 


image image image

ZONA INTEGRITAS

Alamat

Jalan Gatot Subroto Np.255A, Medan 20127

No. Telp :(061) 8452253

Fax : (061) 8469911

SMS Pengaduan

+(62) 813 6063 8680

Jam Operasional

Senin s.d Kamis

Buka pukul : 07.30 - 16.00 WIB

Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB

Jumat

Buka pukul : 07.30 - 16.30 WIB

Istirahat : 11.30 - 13.00 WIB

Peta Lokasi