Balai Veteriner Medan Terima Kunjungan Komisi C DPRD Kabupaten Toba

Berita Sangkot 2021-05-21 18:17:11

Balai Veteriner Medan menerima kunjungan Komisi C DPRD Kabupaten Toba di Aula BVet Medan, JL. Jend, Gatot Subroto NO 255A Medan, Jumat 21 Mei 2021 siang.

Kunjungan DPRD ini disambut  oleh Kepala Balai Veteriner Medan, Drh Agustia, MP dan didampingi beberapa Medik Veteriner Drh Ros Purnama Juwita, Drh Sangkot Sayuti Nasution, M.Si, Drh Lilik Prayitno, M.Si dan Drh Eka Zakiah J Nasution, M.Pt.

Dalam sambutannya Kepala Balai Veteriner Medan Drh Agustia menyampaikan kegembiraannya atas kunjungan  Komisi C DPRD Kabupaten Toba tersebut. " Kami sangat gembira menyambut bapak/ibu semua di Balai Veteriner Medan dan disini saya perkenalkan beberapa staf kami yang akan dapat memberikan gambaran mengenai Balai Veteriner Medan untuk bapak/ibu semuanya".

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Toba Tomson Manurung menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan mereka ke Balai Veteriner Medan yaitu dalam rangka koordinasi dan konsultasi tugas-tugas DPRD terkait peran BaLai Veteriner Medan dalam mendukung terwujudnya Peternakan Babi yang bebas penyakit African Swine Fever (ASF).

"Kami datang ke Balai Veteriner untuk berkoordinasi dan berkonsultasi mengenai upaya penanggulangan ASF dan bagaimana kita dapat menghdupkan kembali peternakan babi rakyat di Kabupaten Toba" urai Tomson. Lebih lanjut Tomson menyampaikan bahwa, saat ini populasi babi yang ada di Kabupaten Toba diperkirakan tinggan 1% dibandingkan dengan populasi sebelum wabah ASF terjadi. " kami sangat berharap bahwa upaya penanggulangan penyakit ASF sudah memberikan peluang bagi kami untuk menyediakan kebutuhan akan daging babi bagi kepentingan adat dimana saat ini harga daging babi telah mencapai 130 ribu per kg atau 80 ribu per kg babi hidup"

"saat ini beberapa peternak telah mencoba memulai kembali untuk memelihara ternak babi namun kesulitan dalam mendapatkan sumber bibit yang bebas ASF, sementara untuk mendatangkan babi dari luar Sumatera Utara masih belum dapat dilakukan karena masih dilarang regulasi yang masih berlaku" imbuh salah satu anggota DPRD yang ikut dalam rombongan. 

Kepala Balai Veteriner Medan menanggapi beberapa pernyataan tersebut bahwa peluang dan harapan untuk beternak kembali bagi masyarakat masih ada namun dengan meningkatkan kualitas peternakan mulai dari aspek bibit, kandang dan pakan yang baik. "Dan yang tidak kalah penting dalam pencegahan ASF adalah praktek biosekuriti yang baik karena sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang efektif bagi penyakit tersebut. Janganlah kita hanya berharap banyak dari babi tetapi kita masih melakukan pemeliharaan ala kadarnya. Sudah saatnya kita meningkatkan kualitas beternak babi kita dengan membuat kandang yang lebih layak dan pmeberian pakan yang baik" lanjut Agustia.

Pada akhir kunjungan Komisi C DPRD Kabupaten Toba menyampaikan terimakasih atas sambutan yang baik dari Balai Veteriner Medan dan mengharapkan peran Balai Veteriner Medan dalam membangun kembali peternakan babi untuk mendukung ekonomi masyarakati Kabupaten Toba.(*)

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Berita Sangkot 2020-12-08 10:20:17

Medan, 08/12/2020. Menindaklanjuti temuan KAN yang merekomendasikan pelaksanaan sosialisasi ISO 17025 versi 2017 kepada seluruh karyawan, Balai Veteriner Medan…

Berita Nensy 2021-01-19 11:18:54

Pada hari Senin tanggal 18 Januari 2020 di Aula Balai Veteriner Medan dilaksanakan Pelantikan Pejabat Fungsional Paramedik Veteriner an Mangantar…


image image image

ZONA INTEGRITAS

Alamat

Jalan Gatot Subroto Np.255A, Medan 20127

No. Telp :(061) 8452253

Fax : (061) 8469911

SMS Pengaduan

+(62) 813 6063 8680

Jam Operasional

Senin s.d Kamis

Buka pukul : 07.30 - 16.00 WIB

Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB

Jumat

Buka pukul : 07.30 - 16.30 WIB

Istirahat : 11.30 - 13.00 WIB

Peta Lokasi