Balai Veteriner Medan Ikuti Pertemuan Penyusunan Rancangan SNI Kambing Panorusan Samosir

balai-veteriner-medan-ikuti-pertemuan-penyusunan-rancangan-sni-kambing-panorusan-samosir
Berita Sangkot 2021-03-04 08:44:37

Rumpun Kambing Panorusan Samosir telah ditetapkan sebagai kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia dengan terbitnya SK Menteri Pertanian Nomor 40 Tahun 2017. Penetapan ini berdasarkan usulan Bupati Samosir Rapidin Simbolon, sebagai upaya konservasi sumber daya genetik kambing lokal khususnya di Kabupaten Samosir.

Sebagai tindaklanjut dari penetapan tersebut Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara memfasilitasi penyusunan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) Bibit Kambing Panorusan tersebut. Untuk itu perlu dilaksanakan petermuan yang membahas mengenai penyusunan RSNI tersebut dan dihadiri oleh berbagai pihak yang dianggap dapat berkontribusi baik dari unsur akademisi, peneliti dan praktisi Kambing Panorusan yang berlangsung tanggal 1-2 Maret 2021 di Hotel Grand Kanaya Medan.

Acara dibuka oleh kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara M. Azhar Harahap, SP, MMA sekaligus memberikan arahan kepada seluruh peserta pertemuan. Dalam arahannya Kepala DInas sangat memberikan perhatian kepada acara tersebut mengingat pentingnya pembuatan RSNI Kambing Panorusan. "acara ini kita selenggarakan sebagai upaya terus menerus melindungi kekayaan sumber daya genetik ternak lokal kita salah satunya Kambing Panorusan ini" urai Azhar. Lebih lanjut Azhar menjelaskan berbagai kegiatan yang telah dilakukan Dinas Ketaranan Pangan dan Peternakan dalam meningkatkan sektor peternakan di Sumatera Utara melalui pembangunan UPT pembibitan ternak di beberapa lokasi 3 tahun terakhir ini.

Dalam acara ini dihadirkan dua orang narasumber yaitu Bapak Hamdan, S.Pt, M.Si dari Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dan Bapak Maruwald Dolok Saribu praktisi Kambing Panorusan yang masing-masing memaparkan mengenai Strategi Pembibitan Kambing dan Strategi Penyusunan SNI Kambing Panorusan.

Bapak Hamdan menerangkan secara sistematis proses pengusulan dan pemurnian sebuah rumpun ternak, penyusunan SNI dan peningkatan mutu bibit Kambing. Pembicara kedua Bapak Dolok Saribu menyampaikan mengenai sejarah, sebaran geografis dan data morfometri Kambing Panorusan yang telah diteliti sebelumnya.

Dalam diskusi disepakati agar membentuk panitia kecil dalam membuat rencana kerja penyusunan RSNI mengingat masih dibutuhkan pengumpulan data baru yang dianggap mewakili morfometri Kambing Panorusan. Permasalahan lain yang berkembang dalam diskusi adalah pentingnya pencegahan pengeluaran bibit Kambing Panorusan yang berkualitas dari Kabupaten Samosir yang telah ditetapkan sebagai daerah sumber bibit Kambing Panorusan ke daerah lainnya. 

Setelah seluruh rangkaian acara terlaksana maka sambutan disampaikan oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara Zubir Harahap, S.Sos, MAP dan sekaligus menutup acara tersebut.

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Berita DRH. SANGKOT SAYUTI 2019-03-11 12:04:53

Brucellosis merupakan salah satu penyakit hewan menular strategis (PHMS) yang bersifat zoonosis dan menyebabkan kerugian ekonomi yang besar. Untuk mendukung…

Halaman Amelia Astari, S.Kom 2019-03-11 10:39:18
SENIN S.D KAMIS

Buka pukul : 07.30 - 16.00 WIB

Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB

JUMAT

Buka pukul : 07.30 - 16.30 WIB

Istirahat…


image image image

ZONA INTEGRITAS

Alamat

Jalan Gatot Subroto Np.255A, Medan 20127

No. Telp :(061) 8452253

Fax : (061) 8469911

SMS Pengaduan

+(62) 813 6063 8680

Jam Operasional

Senin s.d Kamis

Buka pukul : 07.30 - 16.00 WIB

Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB

Jumat

Buka pukul : 07.30 - 16.30 WIB

Istirahat : 11.30 - 13.00 WIB

Peta Lokasi