4161 RTMP Akan Menerima Bantuan Ayam Lokal di 5 Kecamatan di Kabupaten Padang Lawas

4161-rtmp-akan-menerima-bantuan-ayam-lokal-di-5-kecamatan-di-kabupaten-padang-lawas
Berita Sangkot S Nasution 2019-04-26 15:58:02

Sibuhuan - Rapat Koordinasi (Rakor) kegiatan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) antara Balai Veteriner Medan dengan instansi terkait telah berlangsung Tanggal 24 April 2019 di Aula Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padang Lawas di Sibuhuan.

Rapat ini diikuti oleh beberapa instansi antara lain Balai Veteriner Medan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padang Lawas, Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas, Kodim Tapanuli Selatan, Polres Tapanuli Selatan, Camat dari 5 lokasi kegiatan serta BRI Cabang Sibuhuan. 

Dalam sambutan dan arahannya, Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas Drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, MM, M.Si menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas menyambut baik dan sangat mendukung program dari kementerian pertanian ini. "Insyaalah tahun ini kita akan bekerjasama dalam mengeroyok kemiskinan salah satunya melalui kegiatan Bekerja".

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Kabupaten Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap  sehari sebelumnya saat tim dari Balai Veteriner Medan yang didampingi oleh Kadis Perikanan dan Peternakan Ir Abu Bakari saat bertamu ke rumah Bupati dalam rangka sosialisasi kegiatan Bekerja tersebut.

"Program ini sangat baik dan sesuai dengan firman Allah tentang pentingnya menyiapkan generasi yang kuat dan bukan meninggalkan generasi yang lemah, firman Allah yang berbunyi "Tidakkah kamu takut meninggalkan generasi yang lemah" : lemah ekonominya, lemah pendidikannya, lemah ketahanan pangannya dan lemah fisiknya seperti mengalami stunting dll". "Bukankah kamu takut?, takut disini bukan lari, takut disini bukan menghindar tetapi bersatu padu untuk mengatasi permasalahan kemiskinan. Kemiskinan harus diatasi dengan bahu membahu" urai Zarnawi.

Lebih lanjut Wabup Padang Lawas menegaskan bahwa salah satu program yang dapat mengatasi kemiskinan yaitu Program bedah kemiskinan rakyat sejahtera melalui kementerian pertanian ini. "Data penerima dalam kegiatan ini sudah terintegrasi dengan program pengentasan kemiskinan lainnya seperti program PKH dari kementerian sosial".

"Bantuan unggas melalui program ini insyaallah sangat mulia sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat miskin, saya sangat mengharapkan para stakeholder dapat mendukung dengan sabaik baiknya agar program ini sukses dan berjalan lancar" tegas Zarnawi melanjutkan.

"Mudah mudahan niat baik ini berjalan lancar dan para camat saya harapkan mengawasi agar tidak terjadi perpindahan kepemilikan seperti terjadinya penjualan ayam sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat berupa daging, telur dan sebagainya" terang Wabup pada akhir sambutannya.

Dalam acara ini Kepala Balai Veteriner Medan Drh. H. Agustia, MP menerangkan dengan rinci Kegiatan bedah kemiskinan rakyat sejahtera (Bekerja) ini. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 14 Tahun 2019 tanggal 13 Pebruari 2019 tentang Pedoman Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera Berbasis Pertanian Tahun 2019.

"Program Bekerja ini bukan hanya dilaksanakan oleh Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, namun krgiatan sejenis juga dilaksanakan Ditjen Perkebunan, Ditjen Hortikultura, Badan Ketahanan Pangan dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian melalui bantuan ayam, itik, ruminansia kecil, aneka ternak, kandang ayam/itik, prasarana dan sarana, benih tanaman hortikultura, dan benih tanaman perkebunan" terang Agus.

Dalam penjelasannya Agus merinci bahwa bantuan unggas lokal secara nasional berjumlah 20 juta ekor ayam lokal (ayam arab, ayam kampung, ayam joper dll) yang disalurkan oleh Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Badan Ketahanan Pangan dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Ditjen Peternakan sendiri lanjut Agus, akan menyalurkan bantuan ayam sebanyak 11 juta ekor kepada 220 ribu Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) di 13 Provinsi dan 57 Kabupaten.

"Setiap rumah tangga miskin pertanian akan mendapatkan 50 ekor ayam local, 150 kg pakan, bantuan pembuatan kandang 500 ribu rupiah dan paket obat-obatan" ujarnya.

Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai salah satu lokasi kegiatan ini dan kabupaten yang menjadi lokasi kegiatan Bekerja Tahun 2019 ini adalah Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Simalungun.

Di Kabupaten Padang Lawas kegiatan Bekerja direncanakan akan dilaksanakan di 5 kecamatan, pada 4161 RTMP dengan rincian bantuan : 208.050 ekor ayam, 748.980 Kg Pakan, 2.080.500.000 rupiah bantuan pembuatan kandang, 4161 paket obat-obatan dan vitamin.

Rumah Tangga Miskin Pertanian calon penerima tersebut tersebar di 5 Kecamatan, 85 Desa dengan rincian 10 desa di Kecamatan Barumun Selatan , 27 desa di Kecamatan Barumun Tengah, 17 desa di Kecamatan Huristak, 14 desa di Kecamatan Huta Raja Tinggi  dan 17 desa di Kecamatan Lubuk Barumun.

"Untuk itu akan dilakukan verifikasi data RTMP penerima bantuan sehingga tidak akan terjadi penyaluran bantuan yang kurang tepat sasaran sehingga kami akan sangat mengharapkan bantuan dari Dinas Sosial, Tenakerja Sosial Kecamatan dan Kepala Desa calon lokasi penerima " lanjut Agus dalam pemaparannya.

Disamping itu untuk mendukung kesuksesan kegiatan ini akan dilaksanakan kegiatan Bimbingan teknis kepada pendamping desa dengan materi yang dititikberatkan kepada manajemen pemeliharaan ayam lokal dan pengenalan beberapa penyakit yang bisa diderita oleh ayam lokal.(*)

 

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Berita Nensy 2021-09-15 08:39:53

Sumatera Utara sebagai provinsi di Indonesia yang pernah mengalami wabah kematian babi akibat penyakit African Swine Fever (ASF).  Akibat kejadian kasus ASF…

Berita Dedi 2021-04-02 09:33:00

Rapat Koordinasi Penanganan Gangguan Reproduksi dan Kesehatan Pedet Tahun 2021


image image image

ZONA INTEGRITAS

Alamat

Jalan Gatot Subroto Np.255A, Medan 20127

No. Telp :(061) 8452253

Fax : (061) 8469911

SMS Pengaduan

+(62) 813 6063 8680

Jam Operasional

Senin s.d Kamis

Buka pukul : 07.30 - 16.00 WIB

Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB

Jumat

Buka pukul : 07.30 - 16.30 WIB

Istirahat : 11.30 - 13.00 WIB

Peta Lokasi